Cara Mengatasi Error CI 3 Yang Ada Di Versi 8 "Message: Optional parameter $type decorated before required parameter $list is implicity treated ad a required parameter"

 


Selamat Datang Di Blog Kami!

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai error Codeigniter 3 di PHP Versi 8. Error tersebut yaitu "Message: Optional parameter $type decorated before required parameter $list is implicity treated ad a required parameter".

1. Berikut contoh pesan error yang pertama



Gambar di atas merupakan pesan error pertama, error tersebut terdapat di file html_helper.php  yang ada di folder helpers. error tersebut terdapat di baris 107, dibawah berikut merupakan kode yang ada di baris 107.


Error yang Anda temui adalah error yang terkait dengan deklarasi parameter dalam sebuah fungsi. Pesan error tersebut mengindikasikan bahwa parameter opsional $type dideklarasikan sebelum parameter yang diperlukan $list, namun secara implisit diperlakukan sebagai parameter yang diperlukan.

Untuk mengatasi error tersebut, Anda dapat memindahkan parameter opsional $type setelah parameter yang diperlukan $list. Berikut adalah contoh perubahan kode pada baris 107:



Dengan melakukan perubahan tersebut, Anda memberi tahu PHP bahwa parameter $type adalah opsional dan dapat diabaikan jika tidak ada nilai yang diberikan saat pemanggilan fungsi.

Pastikan juga untuk menerapkan perubahan yang sama pada semua pemanggilan fungsi _list() di kode Anda. Jika terdapat pemanggilan fungsi lain yang menggunakan urutan parameter yang berbeda, pastikan untuk memperbarui pemanggilan tersebut sesuai dengan perubahan yang dilakukan pada definisi fungsi.

Setelah melakukan perubahan ini, seharusnya pesan error tersebut tidak muncul lagi. Namun, pastikan juga untuk memeriksa bagian lain dari kode Anda yang terkait dengan fungsi ini, karena kemungkinan ada perubahan parameter lain yang perlu disesuaikan.


2. Berikut contoh pesan error yang kedua, 


Gambar di atas merupakan error yang kedua. error tersebut terdapat difile Common.php yang terletak di folder system,core. Error tersebut terdapat di baris 348, berikut merupakan kode yang ada di baris 348. 


Error yang Anda temui adalah error yang terkait dengan deklarasi parameter dalam sebuah fungsi. Pesan error tersebut mengindikasikan bahwa parameter opsional $level dideklarasikan sebelum parameter yang diperlukan $message, namun secara implisit diperlakukan sebagai parameter yang diperlukan.

Untuk mengatasi error tersebut, Anda dapat memindahkan parameter opsional $level setelah parameter yang diperlukan $message. Berikut adalah contoh perubahan kode pada baris 348:
 

Dengan melakukan perubahan tersebut, Anda memberi tahu PHP bahwa parameter $level adalah opsional dan dapat diabaikan jika tidak ada nilai yang diberikan saat pemanggilan fungsi.

Pastikan juga untuk menerapkan perubahan yang sama pada semua pemanggilan fungsi log_message() di kode Anda. Jika terdapat pemanggilan fungsi lain yang menggunakan urutan parameter yang berbeda, pastikan untuk memperbarui pemanggilan tersebut sesuai dengan perubahan yang dilakukan pada definisi fungsi.

Setelah melakukan perubahan ini, seharusnya pesan error tersebut tidak muncul lagi. Namun, pastikan juga untuk memeriksa bagian lain dari kode Anda yang terkait dengan fungsi ini, karena kemungkinan ada perubahan parameter lain yang perlu disesuaikan.


3. Kemudian error yang berikut nya terdapat di file Input.php yang terdapat di folder system, core. Error tersebut terdapat di baris 392, berikut merupakan kode yang ada di baris 392.

Error yang Anda alami adalah kesalahan fatal (Fatal error) yang disebabkan oleh jenis data yang tidak valid yang diberikan sebagai argumen ketiga untuk fungsi filter_var(). Pesan kesalahan tersebut mengindikasikan bahwa argumen ketiga yang seharusnya berupa tipe data array atau int diberikan dalam bentuk tipe data string.

Untuk mengatasi error ini, Anda perlu memastikan bahwa argumen ketiga yang diberikan ke fungsi filter_var() adalah tipe data yang valid, yaitu array atau int. Pada kode yang Anda berikan, argumen ketiga adalah variabel $flag.

Anda dapat mengatasi error ini dengan memeriksa nilai yang diberikan pada variabel $flag dan memastikan bahwa nilainya adalah tipe data yang sesuai, yaitu array atau int. Jika $flag tidak memiliki nilai yang valid, Anda dapat menetapkan nilai yang sesuai sebelum menggunakan fungsi filter_var().

Berikut adalah contoh perubahan kode yang dapat Anda terapkan pada baris 392:


Pastikan untuk menetapkan nilai yang sesuai untuk $flag tergantung pada kebutuhan Anda. Anda dapat menggunakan konstanta yang disediakan oleh PHP untuk mengatur opsi filter yang tepat.

Dengan melakukan perubahan ini, seharusnya kesalahan fatal tidak lagi muncul. Namun, perlu diperhatikan bahwa perubahan ini hanya mengatasi kesalahan tersebut, dan tidak mempertimbangkan logika atau kebutuhan bisnis di baliknya.


Atau bisa juga seperti kode di bawah ini.

Kesalahan yang Anda alami adalah karena pada baris 392 dalam file Input.php, fungsi filter_var() membutuhkan argumen ketiga $options yang harus berupa array atau integer, tetapi Anda memberikan argumen berupa string.

Untuk mengatasi kesalahan ini, Anda perlu memastikan bahwa argumen ketiga yang Anda berikan ke fungsi filter_var() berupa array atau integer. Jika argumen tersebut bukan array atau integer, maka Anda perlu memperbaiki kode agar argumen tersebut sesuai dengan persyaratan.

Berikut adalah contoh perbaikan kode pada baris 392:


Dalam contoh di atas, argumen ketiga disetel menggunakan FILTER_FLAG_IPV4 | FILTER_FLAG_IPV6 yang merupakan kombinasi flag untuk memvalidasi alamat IP versi 4 dan versi 6.

Pastikan juga Anda melakukan pengecekan terhadap argumen $ip yang Anda berikan ke fungsi filter_var() untuk memastikan bahwa nilai yang diberikan sesuai dengan format yang diharapkan untuk alamat IP.

Perhatikan bahwa perbaikan kode ini hanya berlaku jika Anda ingin memvalidasi alamat IP. Jika Anda memiliki kebutuhan khusus yang berbeda, Anda perlu menyesuaikan kode sesuai dengan kebutuhan Anda.


Kira kira begitu solusi untuk menyelesaikan error yang ada di codeigniter 3 di PHP versi 8






Post a Comment

0 Comments